Apa itu kimia? Simak selengkapnya disini

Kimia? Mungkin bagi temen-temen jurusan SMA IPA sudah sering dengar. Atau bahkan ada yang suka dan tidak suka pelajaran yang satu ini. Apalagi yang sudah lulus SMA sudah tau banget pastinya tentang kimia. Namun banyak juga yang masih belum paham. Banyak dari temen-temen SMA saya yang mengatakan kimia itu sulit. Masuk ke jenjang perkuliahan pun saya masuk ke jurusan kimia. Lalu beberapa teman yang berbeda jurusan berkata,"susah kimia bro" gila jurusan ente kimia. Begitulah beberapa kelakar teman-teman saya. Kita kembali ke pertanyaan di atas. Apa itu kimia

Apa itu kimia?


Pengertian kimia

Menurut saya kimia adalah salah satu pelajaran yang di ajarkan sejak SMA hehe. Menurut para ahli dan beberapa saya rangkum dari banyak blog dan website, kimia adalah suatu cabang ilmu sains yang mempelajari susunan,struktur,sifat dan perubahan suatu materi. Beberapa topik bahasan dalam ilmu kimia antara lain, atom dan strukturnya, ikatan kimia, senyawa kimia, reaksi-reaksi kimia dan bagaimana perubahan suatu materi menjadi senyawa yang berbeda dipandang dari segi reaksi-reaksi kimianya, ikatan kimia yang terbentuk dan zat baru apa yang akan terbebentuk.

Pelajaran kimia diajarkan sejak di bangku SMA. Pada saat SMA kita diajarkan materi-materi dasar dari kimia. Materi tersebut antara lain, bahasan tentang atom, ikatan kimia,reaksi-reaksi kimia dan hal-hal dasar lainnya seperti asam dan basa.

Dikutip dari wikipedia,"kata kimia berasal dari alkimia, sebutan untuk serangkaian praktik pada masa-masa terdahulu yang meliputi unsur-unsur ilmu kimia, metalurgi, filsafat, astrologi, ilmu mistik, dan ilmu pengobatan. Alkimia seringkali dianggap berhubungan dengan usaha mengubah timbal atau bahan-bahan baku biasa lainnya menjadi emas, tetapi pada Zaman Kuno ilmu ini mengkaji banyak pokok persoalan ilmu kimia modern. Alkimia didefinisikan oleh alkemis Yunani-Mesir awal abad ke-4 M, Zosimos, sebagai ilmu yang mempelajari tentang komposisi air, pergerakan, pertumbuhan, mewujud, menghilang, mengeluarkan roh dari raga, dan mengikat roh di dalam raga.
"Kata alkimia berasal dari kata Arab al-kīmīā (الکیمیاء). Kata al-kīmīā diturunkan dari kata Yunani χημία (kemia) atau χημεία (kemeia). Al-kīmīā boleh jadi berasal dari Mesir Kuno karena kata al-kīmīā mungkin diturunkan dari kata Yunani χημία (kemia), yang juga diturunkan dari kata Kemi atau Kimi, yakni nama kuno negeri Mesir dalam bahasa Mesir. Mungkin pula, kata al-kīmīā diturunkan dari kata χημεία (kemeia), yang berarti "dituang bersama-sama" (ke dalam cetakan).

Cabang-cabang ilmu kimia 

Ilmu kimia adalah ilmu sentral, mengapa disebut demikian. Hal tesebut di dasarkan ilmu kimia adalah jembatan bagi ilmu-ilmu sains lainnya. Seperti dalam fisika ada teori-teori yang berhubungan dengan atom, biologi berhubungan dalam kimia organik dan dan biokimia. Sehingga ilmu kimia ini dikatakan penghubung antar ilmu sains yang lain. 
Berikut cabang-cabang dalam kimia : 
  • Kimia Analitik
Kimia analitik merupakan cabang dalam ilmu kimia yang mendalami masalah analisis suatu sampel. Sampel yang di analisa menggunakan metode kualitatif (kualitas) dan kuantitatif (angka) perhitungan menggunakan persamaan dan rumus-rumus kimia. Contoh masalah dalam kimia analitik adalah perhitungan kadar besi dalam sampel sungai A. Berapa persentase kadar tembaga dalam limbah buangan pabrik di kota Bandung. Masalah-masalah tersebut dibahas dalam cabang kimia analitik. Cabang kimia ini membutuhkan ketilitian lho, bagi temen-temen yang demen ngitung maka cocok dengan kimia analtik.
  • Kimia Organik
Kimia organik merupakan cabang ilmu kimia yang mendalami zat-zat, senyawa organik yang terdapat di alam ini. Senyawa organik terdiri dari unsur karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Kebanyakan pokok permasalahan yang dipelajari dalam kimia organik adalah tentang karbon (C) baik rantai panjang dan pendek. Contohnya seperti bahan-bahan obat,polimer,plastik dan lain-lain. Masalah-masalah yang dibahas dalam kimia organik berkaitan dengan bahan-bahan organik atau bahan alam. Misalnya kandungan alkaloid dalam daun kelor. Identifikasi senyawa flavonoid dalam buah apel malang. Identifikasi kandungan alkaloid dalam daun pepaya muda dan tua. Masalah-masalah tersebut biasanya diangkat ke dalam penelitian tugas akhir mahasiswa jurusan  kimia. Inti dari kimia organik adalah membahs tentang senyawa karbon.
  • Kimia Anorganik
Kimia anorgank merupakan salah satu cabang kimia yang membahas tentang senyawa-senyawa anorganik seperti kebanyakan senyawa yang terdapat dalam benda mati atau anorganik. Seperti kandungan unsur dalam batuan gunung. Kandungan unsur dalam tanah. Intinya kimia anorganik ini membahas kimia pada benda tak hidup yaitu mineral-mineral yang terdapat di alam, komposisi kimia dalam bumi ini dan masih banyak lagi. 
  • Biokimia
Biokimia merupakan salah satu cabang kimia yang erat kaitannya dengan ilmu biologi. Pada biokimia dipelajari reaksi-reaksi kimia,interaksi kimia yang terjadi pada organisme hidup. Pembahasannya meliputi asam amino dan strukturnya, enzim dan hormon.
  • Kimia Fisik
Kimia Fisik merupakan cabang kimia yang mendalami sifat fisik dari suatu molekul. Kimia fisik menjelaskan tentang pengaruh struktur kimia suatu molekul berpengaruh terhadap sifat fisiknya. Mengapa bisa struktur kimia,berpengaruh dalam sifat fisik nya? ini dibahas dalam kimia fisik. Kimia fisik mempunyai banyak sub-sub cabang yang lebih spesifik. Pada kimia fisik dipelajari termodinamika, dan banyak yang berhubungan dengan ilmu fisika.

Nah itu dia teman-teman cabang-cabang ilmu kimia secara garis besarnya. Cabang-cabang ini mempunyai sub cabang yang membahas lebih dalam dan lebih spesifik tentang materi yang dibahas. Kalian akan menemukan bahasan yang lebih spesifik lagi dalam cabang-cabang tersebut. 

Sekian artikel tentang ,"Apa itu kimia?"jika dirasa bermanfaat boleh dishare temen-temen agar lebih banyak yang tau...

Kalian juga dapat belajar kimia dengan membaca beberapa artikel pada blog kimiapost ini...

Terimakasih ya...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu kimia? Simak selengkapnya disini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel