5+ Panduan memilih jurusan kuliah terbaru-bagaimana memilih jurusan kuliah yang benar

Semester dua untuk kelas 3 SMA pasti terasa sangat membingungkan. Hal ini dikarenakan siswa harus mulai menentukan jurusan kuliah yang akan di ambil. Pada bulan februari ini akan dilangsungkan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan di ikuti rangkaian seleksi-seleksi masuk perguruan tinggi yang lainnya pada bulan berikutnya. Tentu dalam memilih jurusan kuliah, harus dipertimbangkan matang-matang karena jurusan kuliah ini akan menentukan bagaimana langkah kita selanjutnya di masa yang datang.

Sesuai dengan penjelasan di atas, admin merasa perlu untuk mengangkat topik ini untuk dijadikan sebuah tulisan. Mari simak artikel dibawah ini ...

Ilustrasi
sumber : ruangmahasiswa.com

Panduan memilih jurusan kuliah terbaru-bagaimana memilih jurusan kuliah yang benar

Jurusan yang tersedia di kampus sudah sangat banyak, dan memilih jurusan itu tidaklah sesulit yang kalian bayangkan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih jurusan. Berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih sebuah jurusan kuliah :

1. Pilih jurusan sesuai bidang apa yang diminati

Bidang apa yang kalian minati untuk diteruskan ke jenjang kuliah? setidaknya pertnyaan yang dapat kita kemukakan seperti di atas. Memilih jurusan dapat kalian lakukan dengan melihat bidang apa yang kalian minati. Seperti ketika anda SMA anda mempunyai minat dalam bidang ilmu kimia, dan anda terus menggali informasi mengenai jurusan kimia tersebut. Belajar di sekolahpun anda sangat tertarik dengan pelajaran tersebut. Ini yang disebut sebuah minat dalam suatu bidang. Anda dapat memilih jurusan ini untuk jenjang kuliah anda. Setiap orang tentu memiliki minat yang berbeda. Oleh karenanya anda dapat memilih jurusan sesuai bidang yang diminati.

2. Pilih jurusan sesuai hoby yang anda miliki

Hobi merupakan sebuah keseharian yang dilakukan secara berulang-ulang yang membuat seseorang bahagia. Contohnya seorang yang mempunyai hoby menonton bola, akan rela bergadang tengah malam untuk menikmati sebuah pertandingan sepakbola tim favoritnya. Memilih jurusan kuliah juga dapat dilakukan berdasarkan hobi yang anda miliki. Misalnya seorang siswa SMA, memiliki hobi berolahraga, maka ia dapat memilih jurusan di fakultas olahraga dan kesehatan. 

Kuliah yang anda lalui selama 4-5 tahun akan terasa menyenangkan karena jurusan yang anda pilih merupakan hobi anda sendiri, anda mengerjakan tugas-tugas dengan baik dan benar karena anda senang mengerjakan hal tersebut. Banyak cerita orang sukses diluar sana yang dimulai dari hobi nya. Oleh karena itu, bagi temen-temen yang masih bingung dalam memilih jurusan kuliah dapat mempertimbangkan hobi nya. 

3. Pilih jurusan yang sesuai cita-cita anda 

Dulu disaat kita masih dalam bangku sekolah dasar, kita sering ditanyai oleh guru. Apa cita-citamu? Kemudian kita menjawab dengan berbagai macam profesi yang kita ketahui...Namun seiring berjalan nya waktu cita-cita yang kita inginkan sering berubah-ubah. Hal ini disebabkan banyak faktor, terutama faktor dari keluarga dan lingkungan sekitar kita. Namun semenjak naik ke bangku sekolah menengah atas, kita sudah mempunyai bayangan, mau jadi apa kita nantinya. Memilih jurusan kuliah dapat dipertimbangkan dari cita-cita anda/teman-teman. Hal ini akan memacu kita dalam menjalani kuliah tersebut. 

4. Pilih Jurusan sesuai kemampuan yang dimiliki

Apa saja kemampuan yang anda miliki setelah menyelesaikan SMA? Hal ini juga perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan. Kualifikasi anda sebagai lulusan SMA yang mempunyai keahlian-keahlian tertentu akan memudahkan dalam memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan tersebut.

5. Pilih jurusan sesuai yang tersedia

Ini adalah opsi terakhir ya teman-teman. Kalau anda masih bingung juga dalam menentukan jurusan kuliah, maka dapat mengambil opsi terakhir ini. Pilihlah jurusan sesuai yang tersedia di kampus dengan melihat profesi yang akan dapat di ambil setelah lulus nanti. 


Semoga bermanfaat ya teman-teman 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5+ Panduan memilih jurusan kuliah terbaru-bagaimana memilih jurusan kuliah yang benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel