Alat-alat dalam analisa air-Ulasan lengkap alat analisa air

Alat-alat dalam analisa air-Ulasan lengkap analisa air

Air merupakan salah satu sumber kehidupan di bumi. Peran air sangat banyak dan tak tergantikan. Air merupakan gabungan dari hidrogen dan oksigen. Air banyak macam nya guys antara lain, air laut, air danau, air sungai, air dari sumber mata air, air bawah tanah (sumur) dan lain lain. Perbedaan sumber dan asal dari air tersebut tentu membuat komposisi dan sifat kimia nya juga berbeda.



Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan air disesuaikan dengan standarnya. Artinya air untuk mandi cuci ( MCK) tentu standarnya berbeda dengan air untuk diminum. Biasanya dilakukan pemeriksaan dengan ketat terhadap kandungan kimia dan mikrobiologinya di laboratorium air. Untuk melakukan pengecekan/pemeriksaan tersebut kita membutuhkan alat-alat dalam analisa air. Apa sajakah alat-alat yang digunakan dalam analisa air ?

Simak ulasannya dibawah ini 

Alat-alat dalam analisa air-Ulasan lengkap analisa air

Berikut alat-alat yang digunakan dalam analisis air secara umum :

1. PH meter 

pH meter merupakan alat yang wajib digunakan dalam analisa air. Yup, fungsinya tentu untuk mengukur pH dari air yang di uji. Penggunaannya cukup sederhana, tinggal mencelup bagian elektroda dari pH meter tersebut. Untuk lebih jelasnya kalian dapat membaca artikel ini : pH meter alat untuk mengukur pH.

PH meter
2. Conductivity meter

Conductivity meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur konduktivitas/ daya hantar listrik dari air. Cara penggunaan conductivity meter cukup sederhana sama seperti pH meter. Kita celup saja bagian elektroda nya ke dalam sampel, pembacaan akan tampil di layar nya.

3. Spektrofotometer

Spektrofotometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur berbagai kandungan logam berat dalam sampel air. Prinsip kerjanya menyinari sampel dengan sinar Ultraviolet (UV) kemudian seberapa cahaya yang diserap oleh sampel yang akan dibaca oleh alat spektrofotometer tersebut.

Salah satu alat yag digunakan di laboratorium air antara lain spektro merek HACH

Spektro HACH
Spektrofometer HACH ini alatnya multi fungsi guys. Menggunakan alat ini kita bisa mengukur berbagai macam kandungan logam/zat dalam sampel. Contohnya mengukur kandungan besi, silika, fospat, chlorin, chromium, seng, tembaga dan masih banyak lainnya.

Admin sendiri sering menggunakan alat spektro dari HACH ini guys. Cara penggunaannya cukup simpel dan mudah karena menggunaakan teknologi layar sentuh guys. Sampel yang di analisa disesuaikan dengan program yang ada dalam alat. Contohnya untuk menganalisa kandungan besi kita menggunakan program IRON TPTZ. Campuran dari sampel terdiri dari berbagai macam reagent guys. Reagent nya disesuaikan dengan analisanya. Satuan pembacaan nya biasanya dalam mg/L.

4. Hotplate 

Hotplate adalah alat yang digunakan untuk memanaskan campuran/sampel dalam laboratorium. Alat ini digunakan untuk memanaskan atau untuk stirer/pengadukan otomatis. Biasnya sampel diletakkan dalam gelas kimia atau erlenmeyer.

Baca juga : Hotplate, pemanas dalam laboratorium kimia

5. Turbidity meter

Turbidity meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kekeruhan dalam air. Satuan kekeruhan nya dalam NTU (Nephelometric Turbidity Unit). Semakin keruh sampel airnya, maka turbidity nya semakin besar. Cara penggunaanya sama seperti alat spektro pada umumnya dengan menggunakan kuvet khusus.

6. Sodium meter

Sodium meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar sodium atau natrium dalam sampel air, Satuannya dalam mg/L.

7. Alat-alat gelas lab kimia

Alat-alat gelas dsini merupakan alat gelas yang sering digunakan di laboratorium antara lain gelas kimia, erlenmeyer, pipet ukur, pipet tetes, spatula, gelas arloji dan lain lain.

Baca juga : Alat dasar laboratorium kimia terlengkap

Sekian semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alat-alat dalam analisa air-Ulasan lengkap alat analisa air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel