pH meter, alat untuk mengukur pH

Mungkin banyak dari pembaca disini yang sudah mengetahui apa itu pH meter...
Tapi bagi yang belum paham dan belum tahu pasti bertanya-tanya.

Apa sih pH meter itu dan fungsi nya seperti apa??
Salah satu pertanyaan yang akan timbul bisa seperti pertanyaan di atas

Nah langsung saja gan ke tkp untuk lebih jelasnya

Oke gan, bagi sarjana sains terkhusus untuk sarjana kimia alat ini pasti sering digunakan di laboratorium kimia. Yups, pH meter ini berupa alat portable/dapat digunakan secara mobile untuk mengecek pH dari suatu sampel. Sampel nya dalam bentuk cairan ya (baca : larutan, pokoknya yang berbentuk cair dapat di cek berapa pH nya menggunakan alat ini.

Sebelumnya apa sudah mengerti apa itu pH???
Wah kalau belum, mari kita bahas bersama...

pH adalah istilah dalam bahasa inggris yang di adopsi ke bahasa indonesia. pH ini adalah singkatan dari "power of hydrogen". Ingat ya power of hydrogen bukan power ranger wkwk
Apa yang maksud istilah power of hydrogen. Maksudnya adalah berapa sih jumlah ion hidrogen yang terdapat dalam sampel yang kita ukur pHnya. Semakin tinggi jumlah ion hidrogen dalam suatu sampel, maka pHnya akan semakin kecil. Mengapa demikian?

Jawabannya adalah semakin besar jumlah ion hidrogennya maka sifat asamnya semakin tinggi. Suatu zat dikatakan asam apabila pH nya dibawah 7. Range pH itu untuk pH asam 1-6, kemudian untuk range 8-14 disebut basa. Semakin tinggi jumlah hidrogennya maka suatu zat semakin asam, sebaliknya semakin rendah ion hidrogennya maka pH nya semakin tinggi pHnya yang disebut basa. 

Pengertian asam yang saya jelaskan di atas merupakan salah satu pendapat ahli ya gan, bukan menurut pendapat ane yaitu Arkhenius. Salah satu yang mengemukakan pendapat tentang asam dan basa. Ada banyak pendapat ahli yang lain juga gan, untuk posting kali ini saya jelaskan teori bapak arkhenius saja ya

Kembali ke laptop gan, jadi itu fungsi dari pH meter untuk mengukur pH dari suatu sampel gan. Tidak bisa digunakan untuk mengecek yang lain. 

Ini bisa dilihat gambarnya gan contoh pH meter
PH meter digital

PH meter
Gimana gan, sudah dilihat gambarnya

Gambar di atas merupakan pH meter digital, sekarang pH meter manual sudah jarang sekali digunakan,jadi pH meter semakin hari semakin canggih dan akurat. 

Oke demikian postingan kali ini gan, sampai jumpa 
Wassalam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "pH meter, alat untuk mengukur pH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel