Artikel kimia terbaru 2016-Pembelajaran kimia tidak lepas dari praktik di laboratorium

Artikel kimia terbaru 2016-Pembelajaran kimia tidak lepas dari praktik di laboratorium



Kimia Post-Belajar sains khususnya kimia, tidak lepas dari eksperimen di laboratorium. Hal ini dikarenakan, dalam belajar teori, sulit untuk membayangkan peristiwa-peristiwa kimia yang terjadi, reaksi yang berlangsung. Oleh karena itu, belajar kimia diiringi dengan praktikum di laboratorium untuk memantapkan pembelajaran teori di kelas. Pada praktikum, peserta didik diajarkan untuk melihat bagaimana situasi dari suatu reaksi yang terjadi, bagaimana teknik-teknik di laboratorium menjelaskan materi belajar dari suatu mata kualiah. Nah di laboratoriumlah semua bukti dari teori diajarkan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan dari para siswa maupun mahasiswa yang belajar.

Faktor yang menyebabkan pentingnya laboratorium dalam pembelajaran kimia

  1. Belajar kimia harus dibuktikan dengan eksperimen
Artinya disini, dalam belajar dikelas belum mampu memberikan pemahaman yang baik bagi pelajar, sehingga di laboratorium para pelajar diberikan melihat langsung apa yang terjadi dari suatu eksperimen, sedangkan kalau dikelas hanya bisa dibayangkan.

     2. Eksperimen di laboratorium beriringan dengan materi yang dikelas

Rangkaian eksperimen/percobaan yang dilakukan di laboratorium disusun berdasarkan teori yang diajarkan dikelas,sehingga sangat perlu untuk dilakukan percobaan dilaboratorium.

     3. Pentingnya mengenal laboratorium 

Untuk siswa/mahasiswa sains maka pengetahuan dasar di laboratorium mutlak harus dimiliki. Oleh karena itu, mereka diwajibkan untuk praktikum dan sering berada di laboratorium. Hal ini untuk membiasakan mereka dengan lingkungan laboratorium.


Selain itu masih banyak lagi faktor yang menyebabkan pentingnya laboratorium sebagai penunjang belajar kimia. Seperti yang kita tahu, para penemu di zaman dahulu membuat semacam set laboratorium sendiri untuk melakukan percobaan-percobaan, dan mereka berhasil menemukan beberapa penemuan penting. Misalnya penemuan tabung sinar katoda,penemuan elektron, penemuan-penemuan yang lainnya dibidang kimia,


Demikian postingan kali ini tentang "Pembelajaran kimia tidak lepas dari praktik di laboratorium"

Semoga bermanfaat teman-teman

Sekian dan terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Artikel kimia terbaru 2016-Pembelajaran kimia tidak lepas dari praktik di laboratorium"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel