5 trik mudah belajar kimia secara mandiri dan menyenangkan [pasti bisa]

Trik mudah belajar kimia-Bagi para pelajar dan mahasiswa semeseter awal, kimia merupakan salah satu ilmu yang harus dipelajari, suka maupun tidak mereka tetap akan mendapatkannya. Ilmu kimia kebanyakan dianggap susah oleh para pelajar. Hal ini disebabkan, didalam belajar kimia kita menemukan banyak materi yang harus dihafal dan dipahami, belum lagi menghafalkan rumus-rumus perhitungan dalam kimia, rumus kimia dari suatu unsur atau senyawa, reaksi-reaksi dalam kimia, dan praktikum di laboratorium kimia. Tentu saja, bagi yang memiliki kemampuan diatas rata-rata menjalankan semua itu tidak terlalu sulit. Lalu pertanyaannya, bagaimana dengan yang standar ataupun mereka yang memiliki kemampuan seadanya ???

ilustrasi kimia
ilustrasi kimia
Berkaca dari masalah tersebut, maka penulis ingin berbagi pengamalannya dalam belajar kimia. Trik mudah belajar kimia ini diperuntukkan untuk mereka yang mau belajar kimia dengan sungguh-sungguh dan cepat. Oleh karena itu semuanya yang dijelaskan harus dijalankan.  


Berikut 5 trik mudah belajar kimia secara mandiri dan menyenangkan [pasti bisa] :

1. Trik mudah belajar kimia yang pertama adalah selesai pulang sekolah atau pulang kuliah, sempatkan waktu untuk mempelajari dan mengulang materi yang disampaikan oleh guru/dosen pada hari itu. Ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kita, dan menguatkan memori dalam mengingat materi tersebut.

2. Trik mudah belajar kimia yang kedua adalah bacalah buku-buku ringan yang membahas materi kimia dengan ringan dan mudah dipahami bahasanya, sehingga kalian bisa mengerti dengan mudah dan dapat langsung mempraktekkannya dirumah. Buku merupakan media belajar yang paling mudah kita jumpai, internet juga tidak kalah penting, carilah info di blog/website yang terpecaya dan kalian akan mendapatkan penyelesaian tugas-tugas yang diberikan dosen/guru.

3. Trik mudah belajar kimia yang ketiga hafalkan rumus-rumus kimia dengan cara membuat singkatan pada tabel periodik sehingga lebih mudah diingat dan lebih mudah dipahami. Contohnya untuk unsur golongan IA H,Li,Na,K,Rb,Cs,dan Fr kitan hafalkan menjadi Hari Libur Nanti Kita Robohkan Castil Fir'aun. Nah begitulah kira-kira teman-teman.

4. Trik mudah belajar kimia yang keempat adalah seringlah belajar kelompok untuk mengerjakan tugas. Hal ini untuk memperluas pengetahuan kita, dalam diskusi kita banyak mendapatkan ilmu yang kita tidak punya dari teman-teman yang lain, oleh karena itu seringlah berdiskusi kelompok.

5. Trik mudah belajar kimia yang kelima adalah rajinlah bertanya dikelas kepada dosen/guru. Ini tentu sangat penting mengingat dosen/guru sebagai pemberi arahan dalam belajar.

Nah itulah Trik mudah belajar kimia teman-teman.

Bagi yang masih bingung, silahkan ditanyakan dibagian komentar
Terimakasih atas perhatiannya, jangan lupa dibagikan ya teman-teman

Wassalam semoga sukses buat teman-teman semuanya

Baca artikel lainnya ya teman-teman



Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "5 trik mudah belajar kimia secara mandiri dan menyenangkan [pasti bisa]"

  1. hafalin rumus bikin pussing agama aja nilainya kecil hehe xD benerin nilai agama dulu gan haha

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel