Gelas ukur, kegunaan dan fungsi gelas ukur

Bagi temen-temen anak IPA/MIPA pasti tidak asing lagi dengan alat ini. Alat ini hampir setiap praktikum di laboratorium pasti digunakan. Apa dia?

Jawabannya adalah gelas ukur...

Apa sih gelas ukur itu?

Gelas ukur merupakan salah satu peralatan gelas di laboratorium kimia. Gelas ukur ini berfungsi untuk mengukur volume larutan yang akan digunakan. Gelas ukur ini termasuk ke dalam alat ukur, sehingga tidak boleh dipanaskan karena dapat mengakibatkan ketelitian dari alat menurun dalam penggunaannya.  Hal ini disebabkan alat ini telah diatur sedemikian rupa, sehingga apabila dipanaskan menyebabkan gelas ukur ini ketelitiannya berkurang.

Gelas ukur

Ukuran gelas ukur

Sebagai alat ukur, gelas ukur mempunyai berbagai ukuran. Ada ukuran yang besar, sedang, dan ada yang kecil. Gelas ukur dengan ukuran paling kecil ada yang ukuran 10 ml,25 ml , 50 ml. Sedangkan untuk ukuran yang besar ada yang ukuran 1 liter, 2 liter. Penggunaan ukuran ini didasarkan pada kebutuhan temen-temen. Misalnya kalian ingin mengambil larutan dengan volume 1 liter. Maka temen-temen bisa gunakan yang ukuran 1 liter. Demikian pula dengan volume yang lain disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara penggunaan gelas ukur

Bagaimana cara penggunaan gelas ukur?
Langkah-langkah penggunaan gelas ukur sebagai berikut : 
1. Siapkan larutan dan gelas ukur yang akan digunakan.
2. Tuangkan larutan yang ingin di ambil ke dalam gelas ukur dengan volume yang diinginkan. Ingat bahwa pembacaan skala pada gelas ukur menggunakan prinsip miniskus cekung. Artinya kalian membaca/mengukur larutan/cairan dengan melihat cekungan pada skala gelas ukur tersebut. Tepatkan cekungan  bagian bawah tersebut dengan skala pada gelas ukur.
3. Setelah volume larutan sesuai dengan yang diinginkan, miniskus larutan telah sesuai dengan skala gelas ukur, selanjutnya tuangkan larutan tersebut ke dalam wadah yang temen-temen inginkan. Selesai.

Begitulah cara penggunaan gelas ukur temen-temen, sangat mudah dan simpel

Cara membaca skala gelas ukur

Untuk membaca skala angka pada gelas ukur, kalian harus menempatkan gelas ukur pada meja yang rata dan proses pembacaan mata harus sejajar dengan skala pada gelas ukur. Yang perlu diperhatikan ada dua hal : 

1. Untuk larutan/cairan yang umum yang tidak berwarna, perhatikan miniskus cekungnya. Tepatkan miniskus cekungnya berada pada angka yang anda inginkan. Kemudian baca skalanya dengan mata sejajar.
2. Untuk larutan berwarna dan raksa, perhatikan miniskus cembungnya. Jadi ini berkebalikan dengan larutan pada umumnya, sehingga temen-temen dapat mengukur dengan cermat dan teliti.

Gambar gelas ukur

Berikut ini saya sajikan beberapa gambar dari gelas ukur yang saya peroleh dari berbagai sumber.

Gelas ukur

Gelas ukur


Fungsi gelas ukur

Adapun fungsi dari gelas ukur adalah sebagai alat untuk mengukur volume larutan/cairan yang tidak membutuhkan ketelitian tinggi(untuk ketelitian tinggi menggunaan pipet volume dan pipet ukur). Misalnya mengukur larutan/reagen untuk analisa kualitatif, membuat larutan standar sekunder pada proses Titrasi.


Bagaimana temen-temen sekalian? Anda mengerti dengan alat yang satu ini???
Sekian postingan kali ini, semoga bermaanfaat ya...

Like dan Share ya...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gelas ukur, kegunaan dan fungsi gelas ukur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel