Alat dasar laboratorium kimia terlengkap

Alat dasar laboratorium kimia terlengkap

Kimia Post-Melakukan penelitian ataupun praktikum di laboratorium pasti menggunakan alat-alat dasar yang wajib digunakan di lab,karena fungsi alat ini untuk pengerjaan praktikum/penelitian. Admin sendiri yang telah lama bergelut di laboratorium kimia akan membagikan alat apa saja di laboratorium kimia dasar ataupun kimia lanjut yang paling sering digunakan/alat dasar dalam lab kimia. 

Baiklah langsung saja kita bahas alat dasar laboratorium kimia 
  • Pipet Tetes
Pipet tetes merupakan alat dasar yang mutlak diperlukan seorang kimiawan/orang yang bekerja di laboratorium Kimia. Pipet tetes digunakan untuk mengambil larutan/bahan dalam jumlah kecil. Penggunaan digunakan secara sederhana untuk mengambil bahan yang berwujud cairan yang tidak berbahaya (reagen yang biasa). Pipet tetes ini ada ukuran yang besar dan kecil teman-teman. Penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan. Bentuk pipet tetes kalian dapat lihat pada gambar dibawah ini 

Pipet Tetes
Pipet Tetes
Pipet tetes ini berbentuk seperti gambar di atas. Pipet tetes biasanya ada yang panjang dan ada juga yang pendek. 
  • Spatula
Spatula adalah salah satu alat yang fungsinya sederhana namun sangat penting keberadaannya di lab kimia. Spatula ini berfungsi sebagai alat untuk mengaduk campuran. Sederhana bukan, namun sangat bermanfaat tentunya.
Ini dia gambarnya, owh iya spatula ini ada yang bahannya gelas dan ada yang besi. Yang berbahan besi digunakan untuk mengambil bahan kimia saat penimbangan. Kalau untuk yang digambar atas untuk mengaduk ya teman-teman. Misalnya kita melarutkan suatu bahan kimia padat dengan aquades, maka kita dapat menggunakan alat ini sebagai bantuan untuk mengaduk campurannya agar cepat larut.
  • Gelas kimia 
Gelas kimia ini merupakan alat yang paling sering terlihat di laboratorium. Hal ini disebabkan alat ini memiliki banyak kegunaan alias multifungsi. Salah satunya untuk wadah mencampurkan bahan-bahan kimia,untuk wadah memanaskan larutan dan lain-lain. Gelas kimia mempunyai ukuran yang bervariasi dari yang kecil sampai yang besar.


Ini gambar gelas kimia 
Gelas kimia
  • Erlenmeyer

Selain gelas kimia, erlenmeyer juga merupakan alat yang sering digunakan di laboratorium. Fungsinya hampir mirip dengan gelas kimia. Namun ada juga yang khusus seperti diguanakan dalam titrasi/analisa kimia kuantitatif. Sama dengan gelas kimia, erlenmeyer juga memiliki ukuran yan bervariasi dari yang kecil hingga yang besar. Bentuk nya berbeda jauh dengan gelas kimia. Erlenmeyer dapat dilihat pada gambar dibawah

Erlenmeyer
Nah gambar diatas merupakan contoh gambar erlenmeyer. Bentuknya tidak rata seperti gelas kimia. 


  • Corong kaca
Mungkin banyak yang terbiasa menggunakan corong dirumah atau diluar. Praktikum/penelitian di laboratorium juga banyak menggunakan corong kaca. Fungsinya sama seperti corong pada umumnya untuk membantu menuangkan larutan atau bahan berbahan cair. 

Selain fungsi di atas juga digunakan untuk membantu proses penyaringan dengan menggunakan kertas saring, jadi corong ini berfungsi sebagai penyangga kertas saring. 


corong kaca
  • Tabung reaksi
Tabung reaksi merupakan alat yang digunakan untuk mencampurkan/mereaksikan suatu zat dalam jumlah yang kecil. Tabung reaksi dikhususkan untuk mencampur kan reagen. Bentuk nya seperti tabung dengan ukuran yang kecil. 


Tabung reaksi

  • Gelas arloji
Gelas arloji mungkin namanya terdengar aneh, namun alat ini sebenarnya bukan jam ya teman-teman. Gelas arloji ini digunakan sebagai wadah tempat untuk menimbang pada neraca analitik/timbangan. 
Atau juga bisa digunakan untuk wadah bahan padatan/serbuk. Biasanya kita gunakan saat akan membuat larutan. Fungsinya sederhana ya teman-teman.

Gelas arloji

Mungkin cukup sampai disini, kalau ada yang kurang bisa dikomen teman-teman
Sekian dan semoga bermanfaat...

Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alat dasar laboratorium kimia terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel