Pengertian aquades, manfaat dan kegunaannya

Aquades adalah air mineral yang telah diproses dengan cara destilasi (disuling) sehingga diperoleh air murni (H2O) yang bebas mineral. 

Kalau ditinjau dari namanya, aquades terdiri dari dua kata yaitu (aqua dan  destila). Aqua artinya air, destila artinya penyulingan. Jadi aquades adalah air mineral hasil penyulingan. Hasil dari penyulingan ini yang kita sebut aquades.

Metode yang digunakan untuk memperoleh aquades adalah destilasi (penyulingan). Destilasi adalah proses pemisahan campuran kimia menjadi komponen-komponennya dengan cara dipanaskan hingga mencapai titik didihnya, kemudian uapnya didinginkan hingga menjadi cair kembali.

Mengapa harus disuling?

Penyulingan disini bertujuan untuk menghilangkan kandungan mineral dalam air,sehingga diperoleh air murni dan aquades ini dapat digunakan di laboratorium. Jadi air mineral yang telah disuling dan menjadi aquades, dapat dimanfaatkan untuk keperluan laboratorium.

Aquades

Kebanyakan aquades digunakan di laboratorium  baik laboratorium kimia,fisika maupun laboratorium biologi.

Manfaat dan kegunaan aquades


  1. Sebagai bahan pencuci alat-alat laboratorium
Aquades di laboratorium digunakan untuk mencuci alat-alat gelas di laboratorium bekas praktikum/penelitian. Kita ketahui bersama bahwa alat-alat gelas digunakan untuk mencampurkan berbagai macam bahan kimia. Membersihkannya tentu diperlukan bahan yang baik dan dapat membersihkan alat gelas secara sempurna. Aquades yang merupakan air murni sangat cocok digunakan untuk membersihkan alat-alat tersebut.

     2. Sebagai pelarut


Selain digunakan untuk mencuci alat, aquades juga digunakan sebagai pelarut bahan-bahan kimia padatan/serbuk yang akan dibuat menjadi larutan. Hampir sebagian besar larutan dibuat menggunakan aquades. Hal ini disebabkan aquades merupakan pelarut yang universal (umum) dan kebanyakan bahan-bahan kimia padat/serbuk larut dalam air sehingga sangat cocok dengan aquades.

    3. Digunakan dalam industri

Penggunaan aquades juga banyak dibidang industri. Beberapa industri yang menggunakan aquades adalah industri pupuk, industri kertas dan banyak industri lainnya. Biasanya aquades digunakan sebagai sumber air dalam proses produksi.

Demikian postingan kali ini tentang aquades, semoga bermanfaat ya temen-temen
Terimakasih...


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian aquades, manfaat dan kegunaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel