Kegunaan dan Fungsi Labu Ukur

Salah satu alat yang sering dipakai anak kimia di laboratorium kimia adalah labu ukur. Alat ini sangat penting dan dibutuhkan terutama dalam hal pembuatan dan pengenceran larutan. Pembuatan suatu larutan baik dengan cara langsung maupun tidak langsung, mesti menggunakan labu ukur ini.


Labu ukur sendiri terbuat dari bahan kaca yang tidak boleh dipanaskan. Mengapa? 
Untuk menghindari terjadinya pemuaian, yang dapat mengakibatkan keakuratan dari labu ukur ini berkurang sehingga tidak dapat dipakai lagi. Jadi, temen-temen yang baru akan menggunakan labu ukur ini tolong diperhatikan bahwa alat ini bukan untuk wadah pemanasan sampel ya.

Selain labu ukur, biasanya alat ini disebut juga dengan labu takar. Alat ini sama dengan alat ukur lainnya ya teman-teman. Memiliki ukuran yang bervariasi. Labu ukur punya ukuran yang paling kecil kalau tidak salah ukurannya 10 ml , yang paling besar sampai 5 liter, 2 liter dan 1 liter. Labu ukur ini terdiri dari gelas yang berbentuk labu dan satu set dengan penutupnya.

Ukuran labu ukur

Ukuran dari labu ukur bervariasi. Mulai dari ukuran yang kecil 5 ml,10 ml, 25 ml hingga ukuran yang terbesar 2 liter dan 5 liter. Penggunaannya bagaimana? Penggunaan ukuran ini disesuaikan dengan kebutuhan kita. Temen-temen mau mengencerkan suatu larutan agar menjadi 100 ml maka kita gunakan yang volume 100 ml, demikian juga yang lain.

Labu Ukur
Labu Ukur

Fungsi labu ukur

Adapun fungsi-fungsi dari alat labu ukur adalah sebagai berikut :

1. Pengenceran larutan

Proses pengenceran larutan mutlak harus menggunakan labu ukur. Misalnya temen-temen ingin membuat larutan NaOH 1 M ,sementara di laboratorium terdapat larutan NaOH 12 M. Maka temen-temen dapat menggunakan rumus pengenceran M1 x V1 = M2 x V2. Kemudian setelah angkanya ketemu, temen-temen bisa langsung mengencerkan larutan NaOH tersebut ke dalam labu ukur dan ditambahkan aquades/air suling.

2. Pembuatan larutan

Proses pembuatan larutan akan selalu menggunakan alat ini. Karena pada tahap akhir dari pembuatan larutan, kita menambahkan aquades sampai tanda batas dalam labu ukur ( tahap pengenceran). Masih bingung cara membuat larutan? Silahkan baca artikel saya yang ini

Bagaimana cara menggunakan labu ukur?

Cara menggunakan labu ukur,agar berfungsi sesuai yang saya sebutkan diatas sangat mudah ya temen-temen. Berikut langkah-langkahnya : 
1. Masukkan sampel yang ingin di encerkan
2. Tambahkan aquades ke dalam labu ukur, hingga tanda batas.
3. Kocok larutan, hingga campuran merata.
4. Larutan sudah jadi dan siap digunakan.
5. Masukkan larutan tersebut ke dalam botol bahan dan simpan ditempat yang sesuai.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya teman-teman
Silahkan boleh dishare ke sahabat yang lainnya...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kegunaan dan Fungsi Labu Ukur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel