PH meter, alat instrumen kimia

Bagi anak SMA jurusan IPA, mungkin ada yang pernah menggunakan pH meter. Namun tidak semua, karena biasanya pengukuran pH pada praktikum SMA menggunakan indikator pH universal/pH stick. PH meter ini biasanya digunakan mahasiswa jurusan kimia dan fakultas MIPA pada praktikum asam dan basa. 

PH meter, alat instrumen kimia 

PH meter dari namanya kita pasti sudah terbayang bagaimana fungsi dari alat ini. pH meter adalah alat yang digunakan untuk mengecek pH (power of hydrogen) dalam suatu sampel. Pengecekan ini meliputi keasaman atau kebasaan dari suatu sampel yang berbentuk cairan

Dikutip dari situs alatuji "pH meter digital terdapat elektroda khusus yang berfungsi untuk mengukur pH bahan-bahan semi padat , elektroda (probe pengukur) terhubung sebuah alat elektronik yang mengukur dan menampilkan nilai pH. Probe atau Elektroda merupakan bagian penting dari pH meter, Elektroda adalah batang seperti struktur biasanya terbuat dari kaca. Pada bagian bawah elektroda ada bohlam, bohlam merupakan bagian sensitif dari probe yang berisi sensor. Jangan pernah menyentuh bola dengan tangan dan bersihkan dengan bantuan kertas tisu dengan tangan sangat lembut. Untuk mengukur pH larutan, probe dicelupkan ke dalam larutan. Probe dipasang di lengan dikenal sebagai probe lengan.

Prinsip kerja pH meter

Prinsip kerja dari pH meter didasarkan pada pembacaan ion hidronium atau H3O+ pada suatu sampel yang dibaca oleh probe (elektrode) pH meter. Menurut seorang ahli kimia Arhenius salah seorang penemu teori asam-basa. Asam adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air terjadi ionisasi H+. Sedangkan basa adalah zat yang apabila dilarutkan dalam air menghasilkan ionisasi sempurna OH-. Semakin tinggi H+ dalam suatu sampel cairan, maka semakin rendah pH nya alias bersifat asam. Sedangkan apabila semakin banyak ion OH- nya maka sampel cairan tersebut bersifat semakin basa.

Cara menggunakan pH meter

Cara menggunakan pH meter digital cukup simpel ya. Berikut step by step cara menggunakan pH meter : 
  1. Siapkan sampel cairan yang akan diuji. Tuang sampel tersebut ke dalam beaker gelas ukuran 250 ml atau yang pas dengan jumlah sampel.
  2. Celupkan bagian elektrode/probe ke dalam sampel sambil diaduk secara perlahan kemudian lepas.
  3. Biarkan pembacaan pada layar berjalan hingga pengukuran pH dari sampel stabil ditandai dengan tulisan stable pada layar pH meter. Gambar pH meter dapat anda lihat dibawah ini.
pH meter

Bagian-bagian pH meter

Berikut bagian-bagian pH meter, anda dapat memperhatikan pada gambar diatas :
1. Layar pH meter berfungsi untuk menampilkan hasil pengukuran/pembacaan dari pH. Selain pH, juga ditampilkan suhu dari sampel dan jam analisa.
2. Tombol fungsi ini ada beberapa macam berfungsi untuk mengatur/membuka menu dari pH meter.
3. Gagang berfungsi untuk sebagai tempat bersandar probe pH meter.
4. Gelas kimia untuk perendaman probe pH meter. Probe harus tetap direndam agar tetap sensitif terhadap sampel dan tidak mengalami kekeringan, ini akan menyebabkan probe/elektrode rusak.

Cara kalibrasi pH meter

Perlu digaris bawahi bahwa, sebelum menggunakan pH meter, pH meter harus dikalibrasi terlebih dahulu minimal satu kali sehari. Hal ini bertujuan untuk keakuratan dari pembacaan pH suatu sampel. Cara kalibrasinya sebagai berikut : 
1. Siapkan dua larutan buffer untuk mengkalibrasi. Buka menu kalibrasi menggunakan tombol pada pH meter.
2. Celupkan probe/elektrode ke laruan buffer pertama (biasanya larutan buffer pH 4 atau 7). Ikuti petunjuk pada pH meter.
3. Setelah stabil, cuci probe dengan air aquades kemudian lap dengan tisu.
4. Masukkan probe ke dalam larutan buffer 2 (biasanya pH 7,9,atau 10).
5. Tunggu sampai selesai dan hasil kalibrasi sukses. 
6. pH meter siap untuk digunakan.

Jenis pH meter

Jenis pH meter ada dua :
1. pH meter untuk sampel cair, untuk laboratorium air dan industri.
2. pH meter untuk sampel tanah. Digunakan petani disawah atau kebun.

Sekian artikel tentang  pH meter, alat instrumen kimia ,jika dirasa bermanfaat boleh dishare dengan mengklik tombol share dibawah ini.

Terimakasih...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PH meter, alat instrumen kimia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel