Cara membuat larutan AgNO3 0.01 M dengan efektif tanpa buang waktu dan bahan yang banyak

Cara membuat larutan adalah salah satu skill yang harus dikuasai para kimiawan. Iya, hal ini dikarenakan membuat larutan merupakan dasar dalam analisis kimia. Larutan dibuat dengan dua cara teman-teman. Yang pertama dengan melarutkan langsung bahan padatannya,dalam artian sebelum nya kita hitung sendiri berapa gram yang dibutuhkan. Cara seperti ini disebut dengan larutan standar primer. Cara yang kedua adalah dengan cara mengencerkan dari larutan pekatnya. Pembuatan larutan seperti ini disebut pengenceran. Untuk lebih jelasnya kalian dapat membaca cara membuat larutan. Pada postingan kali ini, kita akan membahas cara membuat larutan AgNO3.

AgNO3 adalah salah satu senyawa anorganik yang sering digunakan di laboratorium. Larutan ini biasa digunakan dalam titrasi atau analisa kuantitatif dalam lab. kimia. AgNO3 berupa kristal berwarna putih yang tidak berbau biasa disebut dengan perak nitrat. Perak Nitrat mempunyai rumus kimia AgNO3 dengan berat molekul 169,87 gr/mol. Berikut gambar kristal AgNO3...

AgNO3
AgNO3 ini biasa digunakan dalam analisa kuantitatif atau menggunakan titrasi ya teman-teman. Nah sebelum menggunakannya tentu perlu kita pelajari bagaimana cara membuat larutan AgNO3 yang benar. Membuat larutan harus dilakukan dengan teliti agar tidak salah langkah dan hasilnya kurang pas. Oleh karenanya mari kita bahas cara membuat nya disini...

Cara membuat larutan AgNO3 0.01 M dengan efektif

Sebelum membuat larutan ada baiknya kita persiapkan alat dan bahannya dan jangan lupakan safety atau keselamatan dalam bekerja di laboratorium.

Alat-alat yang harus dipersiapkan :


  • Gelas arloji
  • Spatula
  • Gelas kimia 250 ml
  • Labu ukur 1 liter
  • Corong kaca
  • Neraca Analitik

Bahan yang dibutuhkan :

  • AgNO3 (padatan)
  • Aquades (air suling)

Langkah membuat larutan AgNO3 0.01 M

  1. Hitung terlebih dahulu berapa gram AgNO3 yang dibutuhkan untuk membuat larutan AgNO3 0.01 N. Rumusnya adalah M=gr/Mr x 1000/V. Mr atau rumus molekul relatif dari AgNO3(169.87). Maka setelah dihitung didapatkan bahwa berat AgNO3 yang dibutuhkan sebesar 0.849 gram.
  2. Timbanglah padatan AgNO3 sebanyak 0.849 gram dengan neraca analitik.
  3. Setelah ditimbang,larutkan padatan tersebut dalam gelas kimia dengan aquades secukupnya. Aduk hingga benar-benar larut sempurna.
  4. Selanjutnya,larutan tersebut dituangkan ke dalam labu ukur dengan ukuran 1000 ml / 1 liter.
  5. Terakhir kita tambahkan aquades ke dalam labu ukur hingga tanda batas. Kocok larutan tersebut hingga rata.


Nah, begitulah teman-teman cara membuat larutan AgNO3 yang efektif dan efisien. Jika tulisan ini bermanfaat mohon dibagikan ya teman-teman dengan mengklik tombol share dibawah agar semakin banyak orang yang tau.

Terimakasih ya...

Salam Kimia Post





Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara membuat larutan AgNO3 0.01 M dengan efektif tanpa buang waktu dan bahan yang banyak "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel