3+ Alat-alat instrumen di laboratorium kimia terlengkap

3+ Alat-alat instrumen di laboratorium kimia terlengkap

Laboratorium kimia selain menggunakan alat-alat gelas atau alat-alat dasar lain, juga menggunakan alat instrumen yang digunakan untuk analisis lanjutan menggunakan alat  lain yang lebih canggih. Alat-alat instrumen ini biasanya mempunyai fungsi khusus dan tertentu. Para mahasiswa yang sedang penelitian di laboratorium kimia pasti pernah menggunakan alat berikut ini. Apa saja kah alat instrumen di laboratorium kimia???

Simak ulasannya pada artikel dibawah ini...

3+ Alat-alat instrumen di laboratorium kimia

  1. UV-Vis
    UV-Vis adalah alat instrumen di laboratorium kimia yang digunakan untuk mengukur serapan panjang gelombang dari suatu sampel pada daerah UV (Ultraviolet) yaitu 200-400 nm dan Visible (Tampak) yaitu 400-800 nm.  
    UV-Vis
    UV-Vis
    Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur kadar senyawa dari suatu sampel. Contoh nya mengukur kadar besi dalam sampel limbah tambang. Mengukur kadar seng,tembaga dll.Mengukur kadar kafein dari sebuah sampel dan masih banyak lagi. 
2. FT-IR


FT-IR merupakan salah satu alat instrumen di laboratorium kimia. FT-IR singkatan dari (Fourier Transform -Infra-Red). Jadi alat ini memanfaatkan sinar infra merah untuk dilewati pada sebuah sampel. Fungsi dari FT-IR adalah untuk menentukan gugus fungsi dari suatu sampel. Misalnya suatu sampel x di uji menggunakan FT-IR. Hasil pengujian akan di dapatkan berupa grafik yang menggambarkan gugus fungsi dari senyawa tersebut. Kemudian kita akan mencocokkan database dengan hasil dari sampel. Biasanya alat ini digunakan pada analisa senyawa organik,obat-obatan dan makanan.

FT-IR
3. GC-MS

GC-MS singkatan dari gas chromatography-mass spectrofotometry. Fungsinya adalah melakukan pemisahan dari suatu sampel berdasarkan sifat dan kesamaannya. GC-MS merupakan salah satu metode pemisahan dalam kimia GC(Gas chromatography) berfungsi untuk menganalisis jumlah senyawa dari suatu sampel secara kuantitatif, MS (Mass spectrophotometry) untuk menentukan struktur dari senyawa yang di analisa. Jadi dengan menggunakan satu rangkaian alat ini, kita sudah dapat menentukan senyawa dalam sebuah sampel dan memperkirakan struktur dari senyawa tersebut.
Gambar GC-MS dapat dilihat dibawah ini :

GC-MS
sumber: website.aub.edu.lb

4. HPLC
HPLC merupakan singkatan dari High Performance Liquid Chromatography adalah sebuah alat instrumen di laboratorium kimia yang berfungsi untuk melakukan pemisahan terhadap suatu sampel khususnya sampel cair (liquid).

HPLC


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3+ Alat-alat instrumen di laboratorium kimia terlengkap "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel