Cara cepat membuat larutan HCl 1 M dengan volume 1 liter

Cara cepat membuat larutan HCl 1 M dengan volume 1 liter


Selamat bertemu lagi sobat Kimia Post, pada postingan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat larutan HCl 1 M dengan volume 1 liter. Barangkali para pembaca disini sudah pernah atau sudah sering membuat larutan HCl 1 M. Bagi yang belum simak artikel berikut ini cara membuat larutan HCl 1 M dengan volume 1 liter.

HCl (asam klorida) merupakan salah satu golongan asam kuat. Dari namanya sudah  terlihat sifat kimianya seperti apa guys. HCl merupakan gabungan hidrogen dengan klorin. HCl bersifat asam dengan pH < 6. HCl termasuk golongan asam kuat karena mampu berionisasi sempurna dalam air membentuk ion H+ dan Cl- sehingga pH nya asam dan termasuk kedalam asam kuat. HCl ini sangat sering digunakan di lab kimia ya guys. Sama seperti NaOH, namun HCl disini berbentuk cairan/larutan pekat. HCl pekat berbentuk cairan yang berwarna bening agak kuning.

Larutan merupakan campuran zat terlarut (solut) dan zat pelarut (solvent). Pada artikel kali ini kita akan membuat larutan HCl dari larutan pekatnya. Kalau sebelumnya untuk membuat larutan NaOH 1 M kita harus menimbang pellet atau padatannya maka sekarang tidak perlu.

Baca juga : Cara membuat larutan NaOH 1 M

HCl pekat

Pada pembuatan larutan HCl 1 M kalian langsung mengambil sejumlah larutan HCl pekat dengan menggunakan pipet ukur maupun pipet gondok. Apa itu pipet ukur? kalian dapat membacanya disini. Sebelumnya kalian harus menghitung terlebih dahulu berapa volume HCl pekat yang kita butuhkan. Perhitungannya menggunakan rumus pengenceran : M1 x V1 = M2 x V2

Perlu diketahui bahwa konsetrasi untuk HCl pekat sebesar 37 %. Untuk mengkonversi nya ke dalam molaritas (M) dapat menggunakan rumus : M = rho(massa jenis) x 10 x kadar / Mr
M =  1.19 x 10 x 37% / 36.5 = 12.06 M

Untuk membuat larutan HCl 1 M maka digunakan rumus pengenceran :

Dik : M1 = 12.06 M, M2 = 1 M , V2 = 1000 ml/ 1 liter
Dit : V2=???

12.06 x V1 = 1 x 1000
V1 = 83 ml
Maka volume HCl pekat yang dibutuhkan sebanyak 83 ml.

Selengkapnya silahkan baca dibawah ini

Bagaimana cara cepat membuat larutan HCl 1 M dengan volume 1 liter?

Cara cepat membuat larutan HCl 1 M dengan volume 1 liter


Sebelumnya membuat larutan ini harap menggunakan alat safety. Hal ini dikarenakan HCl pekat korosif, dengan konsetrasi 37% berasap dan dapat merusak jaringan tubuh. Oleh karenanya penting untuk menggunakan safety seperti sarung tangan lateks, masker, dan kacamata. Lebih jelasnya kalian dapat membaca keselamatan bekerja di laboratorium.

 1. Silahkan persiapkan alat dan bahan berikut :

  • Alat yang dipersiapkan : 
  1. Pipet ukur ukuran 50 ml atau 100 ml
  2. Rubber bulb
  3. Labu ukur 1000 ml
  4. Corong kaca
  5. Botol bahan
  • Bahan : 
  1. HCl pekat 37%
  2. aquades
2. Selanjutnya masukkan aquades ke dalam labu ukur kira-kira 200 ml - 400 ml.
3. Ambil larutan HCl pekat dengan pipet ukur sebanyak 83 ml dan tuangkan secara perlahan dan hati-hati pada labu ukur yang telah diberi aquades.
4. Setelah dituangkan HCl pekatnya, tambahkan kembali dengan aquades sampai tanda batas labu ukur 1 liter tersebut.
5. Kocok larutan tersebut hingga rata.
6. Setelah rata tuangkan larutan tersebut ke dalam botol bahan, berikan label Nama dan konsetrasi larutan serta tanggal pembuatannya.

Begitulah  cara cepat membuat larutan HCl 1 M dengan volume 1 liter, semoga dimengerti teman-teman sekalian.

Terimakasih



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara cepat membuat larutan HCl 1 M dengan volume 1 liter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel