Bagaimana cara mengukur pH suatu sampel?

Bagaimana mengukur pH dari suatu sampel?

Pada beberapa postingan sebelumnya, telah dibahas mengenai pH meter yang berfungsi untuk mengukur pH larutan/sampel. Apakah dalam mengukur pH larutan hanya bisa menggunakan pH meter atau ada alat lainnya?

Ternyata mengukur pH itu dapat menggunakan berbagai cara lho...

Cara mengukur pH sampel

1. Menggunakan kertas lakmus

Kertas lakmus adalah salah satu instrumen untuk mengukur atau bahasa sederhananya untuk mengetahui apakah suatu larutan/sampel bersifat asam atau basa. Kertas lakmus ini berbentuk kertas dengan ukuran tertentu yang penggunaan nya sangat sederhana.

Bagaimana cara penggunaan kertas lakmus?

Cara penggunaan kertas lakmus cukup sederhana ya teman-teman. Kalian tinggal mencelupkan kertas lakmus ke dalam sampel nya kemudian nanti akan kelihatan perubahannya.

Owh iya bagi yang belum tau gimana bentuk lakmus ini dia contoh gambarnya...

kertas lakmus

Gambar di atas ini merupakan contoh kertas lakmus teman-teman. Jadi kertas lakmus ada dua jenis yang pertama warna merah, yang kedua warna biru. Kedua kertas lakmus ini dapat digunakan untuk menentukan apakah suatu sampel asam/basa. 

Lalu bagaimana cara penggunaannya?

Kalian tinggal mencelupkan salah satu kertas lakmus di atas kemudian dilihat perubahan apa yang terjadi. Ada beberapa kemungkinan seperti dibawah ini:
  • Jika kita menggunakan lakmus merah, kemudian setelah dicelup berubah menjadi biru maka sampel tersebut bersifat basa. Jika tidak terjadi perubahan maka sampel tersebut termasuk asam
  • Jika kita menggunakan lakmus biru, kemudian setelah dicelup lakmus berubah menjadi merah maka sampel tersebut bersifat asam. Jika tidak terjadi perubahan maka termasuk basa.
Jadi simpel ya teman-teman. Asam apabila dicelupkan lakmus merah tidak terjadi perubahan, jika dicelupkan lakmus biru maka lakmus biru berubah warna menjadi merah. Basa apabila dicelupkan lakmus biru tidak terjadi perubahan, dan apabila dicelup lakmus merah menjadi maka lakmus merah terebut berubah menjadi biru.

2. Menggunakan kertas indikator pH/pH stick

Jika cara yang dijelaskan di atas adalah hanya terbatas dalam mengidentifikasi suatu sampel apakah basa atau tidak, maka cara yang kedua ini dapat langsung membaca berapa pH dari suatu sampel yang di uji. 

Alat yang kita gunakan kali ini adalah kertas indikator pH atau biasa disebut pH stick. Ini dia gambar pH stick nya.
Kertas indikator pH atau pH stick
pH stick ini berupa kertas yang agak tebal dengan ukuran yang kecil dan memiliki empat warna yang hampir mirip. Cara penggunaan nya sangat sederhana teman-teman. Kalian tinggal mencelup kertas indikator yang bagian berwarna ke dalam sampelnya, kemudian setelah itu kalian akan melihat perubahan warna, perubahan warna ini dibandingkan dengan warna pada kotak pH stick tersebut. Jadi dalam kotak tersebut kalian mencocokkan warna mana yang paling pas dan cocok. Setelah dirasa cocok dan pas, kita tinggal melihat angka berapa yang tertera pada ujung warna tersebut. Penggunaan pH stick ini harus teliti ya teman-teman karena ada beberapa kotak warna yang harus dicocokkan dengan standar yg terdapat pada kotak.

3. Menggunakan pH meter

Cara yang terakhir ini mungkin yang paling simpel dari cara yang di atas dan hasilnya pun paling akurat. Iya jelas donk, namanya saja pH meter tentu fungsi nya sesuai dengan namanya ya teman-teman. Alat ini fungsinya cuman satu teman-teman, sesuai namanya.

pH meter ini adalah instrumen untuk mengukur pH yang pembacaannya paling akurat dan cepat. Untuk lebih jelasnya dapat kalian baca lebih lanjut pada postingan saya sebelumnya ya.


Cara penggunaan pH meter

Cara penggunaan pH meter sederhana sama seperti cara-cara di atas. Kalian tinggal mencelupkan bagian elektroda dari pH meter ke dalam sampel yang di uji.
pH meter contoh
Bagian elektroda pH meter yang bentuknya seperti bolpoint itu teman-teman, kalian celupkan ke dalam sampel. Lalu hasil pembacaan nya akan muncul dilayar. 

Demikianlah  sedikit pembahasan tentang  cara-cara mengukur pH larutan teman-teman.
Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana cara mengukur pH suatu sampel?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel