Buret, alat gelas untuk titrasi di Laboratorium Kimia

Buret merupakan salah satu alat gelas yang sering digunakan di laboratorium kimia. Buret berupa alat gelas yang mempunyai skala seperti pipet ukur, gelas ukur dan alat ukur lainnya di laboratorium. Biasanya buret  digunakan untuk melakukan titrasi.


Titrasi merupakan salah satu metode analisa suatu sampel dalam kimia. Analisis menggunakan metode titrasi ini biasa disebut dengan analisa volumetrik, masuk ke dalam analisa kuantitatif yaitu yang berhubungan dengan jumlah/angka. Mungkin sebagian anak IPA sudah paham pengertian dari titrasi, namun bagi yang bukan anak IPA atau bukan kuliah jurusan IPA sudah barang tentu mereka tidak paham.

Seperti kebanyakan alat ukur, Buret ini sendiri memiliki beberapa ukuran, sama seperti alat gelas yang lainnya. Ukurannya antara lain 25 ml, 50 ml dll. Yang masih bingung berikut kami sajikan contoh gambar buret.

Gambar buret

buret
Buret

Buret
Buret

Nah diatas kita dapat melihat gambar dari buret. Dari gambar diatas kita melihat buret berupa alat gelas dengan bentuk mirip seperti pipet ukur yang mempunyai skala. Pada bagian bawah buret terdapat keran yang berfungsi untuk membuka dan menutup aliran larutan dari buret. Cara penggunaan buret biasanya digunakan menggunakan tiang statif sebagai penyangganya. 

Gambar tiang statif



Kegunaan dan Fungsi buret

Berikut beberapa fungsi buret :
  1. Untuk mengukur volume larutan dengan tepat dan teliti
  2. Digunakan dalam titrasi suatu sampel
Demikianlah info tentang buret, semoga bermanfaat ya teman-teman

Sekian dan terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Buret, alat gelas untuk titrasi di Laboratorium Kimia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel