Artikel kimia terbaru 2016-Keselamatan bekerja di laboratorium

Artikel kimia terbaru 2016-Keselamatan bekerja di laboratorium, laboratorium merupakan tempat bekerja bagi sebagian lulusan sarjana sains. Kebanyakan mahasiswa lulusan sarjana sains (MIPA murni) banyak yang memilih bekerja di laboratorium. Hal ini disebabkan banyak faktor tentunya. 

Faktor yang menyebabkan lulusan MIPA bekerja di Laboratorium

  • Pengalaman
ilustrasi pengalaman
ilustrasi 

Pengalaman merupakan hal yang paling utama dari sarjana sains. Kebanyakan dari mereka telah berpengalaman bekerja di laboratorium, telah mengenal dengan baik tata kelola laboratorium dan mereka sudah terbiasa dengan suasana di laboratorium. Hal ini menyebabkan hampir sebagian dari mereka menjadi laboran di laboratorium.

  • Skill/kemampuan
ilustrasi skills
ilustrasi skills
Skill atau kemampuan dari seorang sarjana sains yang banyak melakukan percobaan di laboratorium, sehingga tentu saja skill mereka sangat baik dibidangnya sendiri. Oleh karena itu, para pemilik perusahaan tidak ragu untuk memberikan posisi di laboratorium untuk para lulusan sains ini.

  • Adaptasi
Adaptasi, kemampuan para lulusan sains untuk beradaptasi sangat baik. Banyak dari lulusan sains yang bekerja tidak dibidang sains, namun mereka juga sukses dengan karir tersebut. Telah banyak juga kita mendengar lulusan sarjana sains yang sukses diluar bidang sains.

Nah dari faktor-faktor diatas kita mengetahui kebanyakan mahasiswa lulusan MIPA bekerja di laboratorium. Oleh karena itu penting kiranya untuk membahas ap asaja yang berkaitan dengan keselamatan bekerja di laboratorium.

Keselamatan bekerja di laboratorium

  • Mengenakan jas lab/pakaian khusus untuk lab.
Jas lab
Jas lab

Ini sangat penting sekali untuk melindungi pekerja dari bahan berbahaya dari zat kimia yang digunakan, melindungi pakaian dari percikan, tumpahan bahan kimia yang tidak diinginkan saat bertugas di laboratorium.
  • Mengenakan kacamata goggle
Kacamata goggle
Kacamata goggle

Kacamata goggle digunakan untuk melindungi mata dari percikan bahan kimia yang mengarah ke mata. Kacamata ini sering digunakan saat menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti bahan yang eksplosif,reaktif dan toksik untuk mata.
  • Mengenakan masker
Masker
Masker

Penggunaan masker juga sangat penting, terutama untuk bahan yang mudah menguap, mengandung gas berbahaya dan beracun. Hal ini tentu untuk melindungi pernafasan dari gas atau bau yang menusuk dan berbahaya serta beracun. Masker inni ada beberapa jenis ya, ada yang biasa, ada juga yang seperti pada gambar. Penggunaannya disesuaikan dengan bahan yang akan dipakai.
  • Mengenakan sepatu tertutup
sepatu
sepatu

Penggunaan sepatu untuk melindungi bagian tubuh bagian bawah yaitu kaki dari tumpahan bahan kimia, dari bahan dan peralatan yang jatuh secara tiba-tiba, dan juga untuk menghindari menginjak peralatan yang tajam serta tumpahan bahan kimia.


Demikian postingan kali ini, sekian dan terimakasih
Jangan lupa dibagikan ya teman-teman

Wassalam

Baca artikel lainnya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Artikel kimia terbaru 2016-Keselamatan bekerja di laboratorium"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel