Alat Dasar Laboratorium Kimia terbaru dan terlengkap

Alat Dasar Laboratorium Kimia terbaru dan terlengkap

Bekerja di laboratorium kimia baik untuk penelitian atau karena menjadi staf laboratorium diharuskan mengerti akan alat-alat dasar laboratorium kimia yang digunakan. Pada beberapa postingan sebelumnya telah dijelaskan tentang pipet tetes, gelas kimia, gelas ukur, pipet ukur. Sekarang kita akan membahas alat gelas yang lainnya. Apakah alat tersebut???

Alat gelas tersebut adalah erlenmeyer

Tahukah kalian alat apa erlenmeyer itu...

Silahkan simak penjelasannya dibawah ini...

liat di gambar
Erlenmeyer
Erlenmeyer

  • Erlenmyer

Gambar di atas merupakan contoh erlenmeyer guys. Erlenmeyer ini biasanya sering kita gunakan di laboratorium kimia. Erlenmeyer berupa labu berbahan gelas yang dapat dipanaskan. Sama dengan alat lab lainnya, erlenmeyer juga mempunyai berbagai ukuran guys. Mulai dari yang kecil sampai yang ukuran besar juga ada. Tentunya penggunaannya di laboratorium memperhatikan kondisi dan situasi. Jika ingin mencampurkan atau mereaksikan dalam jumlah yang kecil cukup menggunakan ukuran yang kecil saja, demikian pula sebaliknya.

Erlenmeyer ini fungsinya hampir mirip dengan gelas kimia guys, hanya bedanya kepala nya agak ketutup/kecil. Rupanya ujung yang kecil ini untuk menghindari letupan misalnya, untuk digunakan dalam proses pemanasan bahan yang mudah meletup dapat menggunakan erlenmeyer ini.

Mengapa demikian??

Dengan ujung atas yang kecil, pada saat pemanasan bahan kimia yang mudah meletup, lubang tersebut dapat ditutup menggunakan karet tutup ataupun aluminium foil sehingga membuat panas tetap terjaga di dalam wadah erlenmeyer tersebut.

Selain itu, alat ini digunakan dalam titrasi/analisis volumetrik. Titrasi merupakan salah satu metode yang digunakan dalam analisis kimia. Metode titrasi digunakan untuk menentukan berbagai macam senyawa kimia guys. Pada titrasi digunakanlah erlenmeyer ini sebagai wadah dari titrannya (larutan penitrasi). Pada titrasi digunakan juga buret.

Baca juga : Buret,alat gelas untuk titrasi

Berikut gambar dari proses titrasi 
Titrasi
Proses Titrasi

Erlenmeyer mempunyai ukuran-ukuran antara lain 25 ml, 50 ml, 100 ml, 250 ml, 500 ml, 1 liter dan 2 liter dan sebagainya.

Demikianlah postingan tentang Alat Dasar Laboratorium Kimia terbaru dan terlengkap khususnya erlenmeyer,semoga bermanfaat

Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alat Dasar Laboratorium Kimia terbaru dan terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel