3 hal yang harus dimiliki seorang saintis

3 hal yang harus dimiliki seorang saintis-Menjadi seorang saintis adalah harapan bagi sebagian pelajar di Indonesia. Tidak banyak namun bagi yang menyukai tantangan, menjadi saintis merupakan hal yang menyenangkan. Meskipun jurusan IPA selalu menjadi pilihan utama saat sekolah menengah, namun fakta saat memasuki dunia kuliah banyak anak jurusan IPA malah keluar dari bidang IPA, memilih jurusan yang lebih mengutamakan hasil yang akan diperoleh ketika lulus nanti. Sementara itu, peminat jurusan IPA yang murni seperti jurusan matematika, kimia, fisika dan biologi murni hanya sebagian kecil dari jumlah lulusan. Hal ini menunjukkan masih rendahnya minat masyarakat dibidang sains yang murni untuk penelitian dan pengembangan.

Science
Science

Pengertian Saintis

Saintis dalam pandangan orang awam atau masyarakat pada umumnya adalah seorang yang bekerja di laboratorium yang melakukan berbagai eksperimen dengan menggunakan metode tertentu. Pengertian ini ada benarnya dan ada juga bagian yang kurang benar. Saintis memang kebanyakan orang yang bekerja di laboratorium, tetapi ada juga yang diluar laboratorium. Mereka bekerja di luar untuk menemukan sampel/contoh yang akan diuji , menemukan fakta-fakta yang belum terungkap, kemudian menguji di laboratorium. Jadi, pekerjaan yang dijalani seorang saintis tidak melulu di Laboratorium saja.

Pekerjaan-pekerjaan para saintis

1. Penelitian dan Pengembangan

Meneliti merupakan keharusan bagi seorang saintis. Seorang saintis dianggap mengerti dan paham pada bidangnya jika sudah melakukan penelitian dan mampu mempublikasikan penelitannya dalam sebuah jurnal. Pekerjaan sehari-hari seorang saintis juga tidak lepas dari eksperimen di laboratorium. Eksperimen di laboratorium merupakan langkah untuk melakukan pengembangan hasil dari suatu produk ataupun sampel.

Penelitian
2. Analis
Seorang saintis juga dapat bekerja sebagai analis. Analis merupakan seorang yang bekerja di laboratorium yang fungsinya untuk melakukan analisa, pengujian terhadap sampel dan memberikan laporan hasil analisis tersebut. Nah, para saintis juga dapat bekerja dibidang ini.

Analis
Analis
3. Quality Control
Quality control atau kontrol kualitas juga bisa dilakukan oleh para saintis. Pekerjaan sebagai quality control ini untuk memastikan kualitas suatu produk, para lulusan ilmu murni biasanya terbiasa untuk melakukan pekerjaan seperti ini di laboratorium.

QC
QC

3 hal yang harus dimiliki seorang saintis

  • Seorang saintis harus menyukai tantangan
Dunia sains mendorong saintis untuk tidak patah semangat, dan tidak menyerah. Melakukan penelitian membutuhkan keinginan dan kegigihan yang tinggi untuk menyelesaikannya, sehingga hal ini mutlak harus ada didalam diri seorang saintis ataupun para calon saintis.
  • Seorang saintis harus memiliki sifat yang jujur
Menjadi seorang saintis dibutuhkan sifat yang jujur. Penelitian yang dilakukan di laboratorium tidak diketahui oleh orang lain kecuali si peneliti, sehingga dibutuhkan kejujuran yang tinggi agar hasil penelitian tidak diputar sesuai dengan keinginan.
  • Seorang saintis harus sabar

Menjadi seorang saintis dituntut untuk melakukan segala hal dengan penuh kesabaran. Penelitian membutuhkan waktu yang lama, sehingga dalam pelaksanaannya dibutuhkan kesabaran dari si peneliti.


Nah demikianlah postingan kali ini tentang 3 hal yang harus dimiliki seorang saintis
Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan ya
Sekian dan terimakasih

Jangan lupa baca artikel lainnya ya


Berlangganan update artikel terbaru via email:

20 Responses to "3 hal yang harus dimiliki seorang saintis"

  1. Replies
    1. iya bgitulah,ada keren dan ada tidak kerennya hehe

      Delete
  2. Dlu tertarik juga dg kimia ini gan.. Pngen rasanya belajar lg,tapi yaaaa... Udah agak terlambat..

    Nice info gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gkpp gan,,kl mau bljar dsni aja aja kawan-kawan yg pengen belajar

      Delete
  3. sain sama kimia apa beda nya mas

    ReplyDelete
  4. kalo sains itu cakupannya lebih luas ketimbang kimia mas, kimia lebih spesifik dan merupakan bagian dari sains

    ReplyDelete
  5. Padahal dulu pengen banget masuk di bagian penelitian. Sayang karena jadi orang gak sabaran pengennya tau2 udah jadi padahal meneliti aja bisa sampe 3 tahun baru jadi

    ReplyDelete
  6. wih,, baru tau yang beginian. keren

    ReplyDelete
  7. Mantap gan tentang tips yang harus dimiliki seorang saintis

    ReplyDelete
  8. wah sama dengan yang saya dapat dari kuliah prodi sistem informasi dan yang paling saya sukai adalah penelitian dan analisis. soalnya melatih logika agar menjadi lebih kritis dan menyelesaikan masalah dengan tepat dan cepat..

    thanks gan buat tips nya..

    ReplyDelete
  9. Ane jadi saintis cuma di lab kimia doang. . . Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung minat gan,kl diluar lab juga bisa gan
      thanks gan kunjunganx

      Delete
  10. waduuh terlalu pusing yang beginian heheh, mending yang simple" aja tapi pasti . dasarnya mah gk tertarik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tu hak kita gan mau tertarik atau tidak,thanks kunjunganx

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel