Pipet Ukur, alat gelas untuk mengambil larutan

Pipet Ukur, alat gelas kimia untuk mengambil larutan

Pipet ukur adalah salah satu alat yang digunakan di laboratorium kimia. Alat ini termasuk ke dalam alat gelas. Penggunaan pipet ukur untuk mengambil larutan dengan ukuran tertentu. Ukuran dari pipet ukur ini bermacam-macam dari ukuran 1 ml, 2 ml, 5ml, 10 ml dan seterusnya.

Pipet ini biasanya digunakan untuk mengambil larutan yang pekat, hal ini ditujukan untuk keselamatan di laboratorium, karena jika mengambil bahan yang pekat menggunakan gelas beker/gelas kimia tentu sangat berisiko ketika menuangkan atau saat mencampurkannya, oleh sebab itu diciptakanlah alat ini untuk mempermudah pemidahan larutan pekat dan juga untuk mengambil larutan dengan jumlah yg tepat dan akurat. Pipet ukur ini lebih teliti dari pada gelas kimia, dan gelas ukur sehingga untuk laboratorium analisa biasanya menggunakan alat ini dalam kesehariannya.
Pipet ukur
Pipet Ukur


Biasanya pipet ukur ini digunakan bersamaan dengan rubber bulb. Rubber bulb berupa karet merah yang digunakan untuk menghisap larutan dari botol bahan. Jadi penggunaan pipet ini harus sepasang dengan rubber bulb ya. 
 
Rubber bulb
Rubber bulb

Berikut ini beberapa fungsi dari pipet ukur :

Mengambil larutan dalam jumlah tertentu sesuai ukuran yang diinginkan secara tepat.

Ukuran pipet ukur

Pipet ukur yang ada di laboratorium mempunyai beragam ukuran. Ini dimaksudkan untuk memudahkan para teknisi laboran, praktikan atau semua yang bekerja di lab untuk menggunakannya. Misalnya kita ingin mengambil larutan H2SO4 pekat 2 ml. Nah untuk mengambilnya langsung saja kita dapat menggunakan pipet ukur dengan ukuran 2 ml, jadi kita tidak perlu menggunakan yang ukuran 5 ml, kemudian menepatkan skalanya.

Adapun ukuran pipet ukur sebagai berikut : 
1 ml, 2 ml , 5 ml, 10 ml, 25 ml, 50 ml dan 100 ml.

Cara menggunakan pipet ukur

Untuk menggunakan pipet ukur, dibutuhkan rubber bulb (gambar atas). Rubber bulb berupa karet yang digunakan untuk menghisap larutan dari dalam pipet ukur. Berikut cara menggunakan pipet ukut : 
1. Pasang/hubungkan pipet ukur dengan rubber bulb. Pastikan terpasang dengan benar.
2. Ambil larutan yang ingin dipindahkan,sesuaikan volumenya dan pindahkan ke wadah yang diinginkan. 
Sebenarnya penggunaan pipet ukur tidak beda dengan pipet tetes, hanya saja karet nya berbeda.

Gambar pipet ukur

lihat gambar diatas

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pipet Ukur, alat gelas untuk mengambil larutan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel